Tipe-Jenis Alat Perlindungan Diri (APD) Dan Perannya

 

Dunia project sebagai salah satunya bidang lapangan pekerjaan paling tinggi yang kerap berlangsungnya kecelakan kerja. Oleh karenanya, untuk menahan berlangsungnya kecelakaan kerja di project dibutuhkan beberapa Alat Perlindungan Diri (APD) yang disiapkan untuk tenaga kerja project (Kuli Bangunan). Sepatu Safety proyek Terbaik bisa menjadi solusi yang terbaik.

Alat Perlindungan Diri (APD) ialah satu alat yang memiliki kekuatan untuk membuat perlindungan seorang yang perannya menutup beberapa atau semua badan dari kekuatan bahaya pada tempat kerja.

Berikut akan kami jabarkan beberapa jenis Alat Perlindungan Diri (APD) yang umumnya dipakai di dunia project dan perannya.


1. Safety Helmet

Safety helmet berperan sebagai perlindungan kepala dari benda yang dapat berkenaan kepala langsung.


2. Safety Belt

Safety belt berperan sebagai perlindungan diri saat karyawan bekerja/ada di atas ketinggian.


3. Safety Shoes

Safety shoes berperan untuk menahan kecelakaan fatal yang menerpa kaki karena benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia dan lain-lain.


4. Sepatu Karet

Sepatu karet (sepatu boot) ialah sepatu yang dibuat khusus untuk karyawan yang ada di tempat basah (becek atau berlumpur). Umumnya sepatu karet di lapisi dengan metal membuat perlindungan kaki dari benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dll.


5. Sarung Tangan

Berperan sebagai alat perlindungan tangan di saat bekerja pada tempat atau keadaan yang bisa menyebabkan cidera tangan. Bahan dan wujud sarung tangan di samakan dengan peranan masing-masing tugas.


6. Masker (Respirator)

Berperan sebagai filter udara yang dihirup saat bekerja pada tempat dengan kualitas udara jelek (contoh berdebu, beracun, dll).


7. Jas Hujan (Rain Coat)

Berperan membuat perlindungan dari recikan air saat bekerja (contoh bekerja di saat hujan atau sedang membersihkan alat). Menggunakan APD hal yang harus di lakukan agar tetap safety. Seperti sepatu safety, kacamata safety, helm, seragam dan lain sebagainya.



8. Kaca Mata Pengaman (Safety Glasses)

Berperan sebagai perlindungan mata saat bekerja (misalkan mengelas).


9. Penutup Telinga (Ear Plug)

Berperan sebagai perlindungan telinga di saat bekerja di lokasi yang berisik.


10. Perlindungan Muka (Face Shield)

Berperan sebagai perlindungan muka dari recikan benda asing saat bekerja (contoh tugas menggerinda).


11. Pelampung

Pelampung berperan membuat perlindungan pemakai yang bekerja di atas air atau di atas air supaya terbebas dari bahaya terbenam dan atau atur keterapungan (buoyancy) pemakai agar ada pada status terbenam (negative buoyant) atau melayang-layang (neutral buoyant) di di air.


Kita sudah memerhatikan beberapa Alat Perlindungan Diri (APD) yang wajar dipakai oleh karyawan di atas lapangan. Di zaman new normal sekarang ini, alat perlindungan diri (APD) bukan hanya akan digukakan oleh karyawan di atas lapangan saja. Tetapi dipakai pada aktivitas setiap hari di luar rumah, untuk selalu jaga diri dari paparan virus penyakit. Selainnya masih tetap memakai APD saat di luar rumah, pemerintahan menyarankan untuk selalu di rumah saja. Beberapa aktivitas sekarang bisa dilaksanakan walau di rumah saja, training atau pelatihan misalkan. Click di sini untuk check jadwal training kami. Juga bisa manfaatkan feature chat di bawah untuk tersambung dengan narahubung kami.


5 Hal yang Perlu Anda Kenali Saat Hadapi dan Menahan Kebakaran

Kebakaran bisa terjadi kapan pun, dan dimanapun terhitung di dalam rumah, restaurant, atau di kantor. Tidak ada yang dapat jamin kebakaran tidak terjadi, meskipun sumber api jauh dan listrik ditegaskan konstan. Pada kondisi genting, penting untuk ketahui bagaimanakah cara mengatasi kebakaran dan selamatkan diri kita, dan seseorang. Berikut lima panduan untuk hadapi kebakaran:

Sepatu Safety proyek Terbaik bisa menjadi acuan untuk kamu sebelum membeli sepatu.

Menahan lebih bagus dibanding menyembuhkan..


1. Ketahui secara benar di mana letak pintu genting

Bila Anda bekerja di gedung, yakinkan Anda ingat di mana letak tangga genting. Persiapkan lajur alternative untuk penyelamatan. Tetapkan rapat poin dengan rekanan kerja. Ketika berada latihan kebakaran (fire drill), yakinkan Anda ikutinya dengan cermat dan tidak sembunyi di bawah meja kerja karena malas.


2. Perlengkapan Genting Kebakaran

Kerjakan pengujian pada perlengkapan genting kebakaran secara periodik. Yakinkan alat pemadam kebakaran genting bisa dipakai. Baiknya, alat ini harus dicheck sekali dalam lima tahun. Tetapi tidak ada kelirunya agar semakin rajin dan memeriksanya satu tahun sekali.


Saat genting..


1. Kontak Pemadam Kebakaran (113)

Hal pertama yang perlu dilaksanakan saat terjadi kebakaran, ialah pecahkan kaca genting dan aktifkan sirene pertanda kebakaran. Bila memungkinkannya, kontak pemadam kebakaran secepat-cepatnya melalui nomor 113.


2. Langkah Mematikan Api di Baju

Bila baju Anda terbakar api, tidak boleh cemas! Selekasnya padamkan dengan tiduran di lantai dengan tangan tutup muka untuk menahan muka turut terbakar, lalu bergulinglah. Bila memungkinkannya, buntel diri Anda berbahan tekstil yang susah terbakar (contoh, karpet, selimut, atau jubah).


3. Tidak boleh musuh api

Usaha mematikan api memang dibutuhkan sebagai bantuan pertama, tetapi bila api telanjur jadi membesar jangan memaksa diri. Tidak boleh usaha mematikan kebakaran yang diakibatkan oleh listrik sama air sebab bisa memunculkan sengatan listrik. Sepatu safety wajib di miliki untuk mereka yang bekerja di area berbahaya.



Bila kebakaran di dalam rumah makin jadi, meninggalkan rumah dengan bawa tiga alat penting: telephone pegang, kunci-kunci, dan handuk basah. Bila jalan keluar tertutup asap, berbaringlah di lantai dan merayap ke arah pintu keluar.


Pemanfaatan Internet di Sektor Bisnis

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada Juni 2014 mengemukakan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 71,19 juta dan pada kuartal I 2014 angka ini naik menjadi 82 juta. Adapun pemanfaatan internet di sektor bisnis, e-mail (mengirim dan menerima) menduduki posisi teratas (95,75%), kedua internet dimanfaatkan untuk mencari berita/informasi (78,49%), ketiga mencari barang/jasa (77,81%), keempat informasi lembaga pemerintahan (tender) sebesar (65,07%), kelima untuk sosial media (61,23%). Fakta-fakta diatas menunjukkan bahwa peminat internet disektor bisnis sangatlah tinggi. Tidak heran jika banyak perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai salah satu media yang digunakan untuk melakukan promosi. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.

Yakub dari AntaraNews (2015) memberitakan bahwa kasus "CyberCrime" meningkat tajam dari 33 kasus pada tahun 2013 menjadi 98 kasus pada tahun 2014 yang didominasi kasus penipuan dalam transaksi "online" atau daring (dalam jaringan internet). Badan Intelijen Negara (BIN) memberikan beberapa ciri-ciri online shop palsu diantaranya adalah:

a. Website tampak kurang profesional. 

b. Tidak mau melakukan Cash On Delivery (COD).

c. Alamat tempat usaha mencurigakan. 

d. Harga barang jauh di bawah harga pasar. 

e. Produk tidak jelas. 

f. Tidak ada foto pemiliknya. 

g. Tidak ada nomor telepon lokal.

Atas dasar tersebut diatas tim peneliti memiliki keinginan untuk membuat sebuah website resmi yang terpercaya yang dapat digunakan sebagai media promosi. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil obyek toko online www.pembalutkainwanita.wordpress.com milik ibu Santi yang menjual produk pembalut kain yang memiliki rata-rata 30 pengiriman tiap bulannya. Berdasarkan hasil wawancara, hal tersebut sebetulnya masih bisa dimaksimalkan. Artinya jumlah pengiriman paket bisa lebih dari 30 kiriman tiap bulannya. Menurut ibu Santi, salah satu alasan tersebut dikarenakan beberapa pelanggan ada yang masih sedikit ragu dikarenakan media promosi yang digunakan hanya menggunakan blog gratisan. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya. 

Langkah Pilih Sepatu Boots Pria Dengan Baik

Apa Kamu sempat bingung saat perlu tentukan sepatu boots? Jika bingung lalu apa yang akan Kamu lakukan? Jika Kamu ingin ketahui refrensi dalam tentukan sepatu boots di toko sepatu safety di glodok terbaik sama dengan kepentingan Kamu. Kamu bisa membaca beberapa tutorial di bawah. Dengan berkembangnya trend sepatu dari tahun ke tahun, sepatu boots tetap jadi sepatu favourite terbaik untuk beberapa fans sepatu boots. Hal ini terlihat dari bila seorang pria menggunakan sepatu boots yang sesuai, jadi tingkat kegantengannya pasti semakin bertambah. Agar Kamu semakin bagus, seharusnya Kamu membaca beberapa tutorial tentukan sepatu boots di bawah ini. Sepatu Safety proyek Terbaik bisa menjadi acuan untuk kamu sebelum membeli sepatu.


- Material Bahan Sepatu Boots

Saat Kamu ingin membeli sepatu boots, jadi optimis juga sepatu sebagai opsi Kamu dibuat memiliki bahan yang baik. Hal ini demikian penting supaya sepatu yang Kamu membeli bisa bertahan semakin lama. Seharusnya tentukan bahan material sepatu boots yang baik dan tidak mudah mengelupas. Tentu saja Kamu tidak ingin tidak diperhitungkan sepatu Kamu mengelupas saat tengah Kamu gunakan. Biasanya bahan sepatu boots dibuat dari 3 tipe, yaitu suede, kulit asli (genuine leather), dan kulit sintetis (synthetic leather).


- Kualitas Sepatu Boots

Kerap karena tergoda harga yang murah akan membuat Kamu lupakan kualitas sepatu boots yang bakal dibeli. Kamu perlu tahu bahan yang baik dan memperhatikan jahitan yang berada di sepatu opsi Kamu itu rapi atau mungkin tidak.


- Tentukan Model Sepatu Boots

Jangan sampai karena ingin up-date trend terkini dan model terbaru membuat performa Kamu jadi berpindah atau aneh. Jadilah diri Kamu sendiri, apa yang telah ada dengan cara menyamakan dengan mode yang Kamu punyai. Bila mode Kamu sedikit rocker jadi tidak ada salahnya Kamu tentukan sepatu yang terlihat gagah.


- Ukuran Sepatu Boots

Saat sebelum Kamu akan memilih untuk membeli sepatu boots pria, seharusnya Kamu perlu tahu ukuran telapak kaki Kamu. Hal ini demikian penting untuk ditangani supaya Kamu dapat berasa aman serta nyaman saat menggunakannya. Sepatu yang paling sempit akan mengakibatkan kaki Kamu jadi lecet, sebentar sepatu boots yang besar sekali akan membuat Kamu tidak nyaman saat berjalan.


Beberapa Model Sepatu Boots Pria yang Bisa Jadi Opsi

Sepatu boots adalah sepatu dengan bahan yang kuat dan mempunyai wujud yang unik. Umumnya sepatu boots digunakan untuk beberapa karyawan lapangan. Tetapi saat ini sepatu boots bukan hanya dipakai untuk beberapa karyawan lapangan saja. Sepatu boots sudah berkembang menjadi satu model mode yang memberikan dukungan penampilan. Bahkan saat ini sepatu boots mempunyai beberapa tipe, model dan dialek yang baik untuk digunakan oleh beberapa pria yang stylish. Berikut adalah beberapa jenis sepatu boots yang perlu Kamu ketahui.


- Sepatu Hiking Boots

Sepatu ini sesuai buat Kamu yang hobi naik gunung, karena sepatu ini dibuat untuk mendaki. Model Hiking boots ini demikian bugar dengan pergelangan kaki, tanpa awasi gerakan Kamu. Sepatu safety wajib di miliki untuk mereka yang bekerja di area berbahaya.


- Sepatu Boots Military

Sepatu boots militer mempunyai faedah yang serupa dengan sepatu boots motor yakni membuat pelindungan kaki penggunanya. Tetapi karena sepatu boots ini lebih membuat pelindungan pemakainya pada medan yang berat. Untuk mempunyai wujud, sepatu boots pria ini mempunyai bahan kulit dan pergelangan kaki.


- Sepatu Boots Cowboy

Sepatu ini pas untuk Kamu yang ingin berpenampilan Koboi. Tinggi boots ini sekitar betis Kamu, tidak bertali dan punyai heels sekitar 2 inch.


- Sepatu Chelsea Boots

Sepatu Chelsea boots mempunyai beberapa ciri-ciri pergelangan kaki yang tinggi, kurus dan tidak mempunyai tali. Karena tidak ada tali pada sepatu ini, Chelsea boots mempunyai panel plastis untuk buat Kamu lebih mudah waktu ingin melepaskan atau menggunakannya. Kamu bisa memadukan sepatu Chelsea boots dengan jaket bomber, celana jeans dan kaos.


Panduan Pilih Sepatu Safety Untuk Pekerjaan Project Depok Jakarta


Panduan Pilih Sepatu Safety Untuk Pekerjaan Project


Pekerjaan project ialah pekerjaan yang memiliki banyak risiko, Apa lagi bila project dalam pekerjaan berbentuk outdoor atau "dilarang untuk meng-copy artikel ini asal-asalan karena artikel ini dibikin oleh team www.teknikdepok.com tolong sertakan sumber bila anda ingin meng-copy data kami" pekerjaan luar rumah seperti pekerjaan jalan/pembangunan jalan raya, pembangunan gedung dan sebagainya. Sepatu Safety proyek Terbaik bisa menjadi acuan untuk kamu sebelum membeli sepatu.


Pekerjaan ini betul-betul memiliki risiko yang besar sekali. Bila Anda tidak memerhatikan keselamatan dalam pekerjaan project ini akan berpengaruh fatal pada pekerjaan Anda. Banyak kecelakaan yang terjadi dalam pekerjaan project karena tidak ada perhatian untuk keselamatan untuk karyawan.


Untuk memiliih sepatu safety project dengan kualitas terbaik dan sesuai pekerjaan project Anda, Berikut panduan pilih sepatu safety untuk pekerjaan project.


Pilih sepatu dengan bahan nitrille rubber :


bahan nitrile rubber benar-benar pas dipakai untuk medan-medan yang ekstrim. Anda bisa menyaksikan sepatu safety dengan type sol nitrile rubber dengan mode Wellington Boot atau Nevada Boot.


Pilih sepatu safety pekerjaan project dengan kulit asli sapi : Banyak produk yang memakai sepatu safety untuk project tetapi tidak memakai bahan kulit yang berkualitas jadi Anda harus betul-betul memerhatikan ini. sepatu safety wajib di miliki untuk mereka yang bekerja di area berbahaya.


Pilih sepatu safety dengan Mode Boot : Sepatu safety dengan mode boot akan membuat perlindungan Anda dari ujung jemari kaki sampai di bawah lutut. Tidak boleh Pilih Sepatu Safety Project dengan mode Low Cut karena mode ini tidaklah sampai tutupi kaki Anda sampai di bawah lutut tepat.


Tentukan sepatu safety dengan mode yang gampang di pakai dan gampang untuk di terlepas : Tidak boleh pilih sepatu safety untuk project dengan "dilarang untuk meng-copy artikel ini asal-asalan karena artikel ini dibikin oleh team www.teknikdepok.com tolong sertakan sumber bila anda ingin meng-copy data kami" mode yang mengggunakan tali karena akan mempersulit Anda bila terjadi suatu hal secara tiba-tiba.


Pemasaran Pariwisata dengan Social Media Marketing

Pengembangan pariwisata berkelanjutan merupakan isu penting dalam industri pariwisata saat ini. Sektor pariwisata merupakan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan devisa yang besar serta menciptakan lapangan kerja yang mudah dan murah. Kontribusi devisa pariwisata terhadap penerimaan devisa nasional tahun 2015 sebesar US$ 12,6 miliar atau 9,3% secara nasional dan menempati ranking keempat setelah sektor minyak bumi dan gas sebesar US$ 18,9 miliar, disusul batu bara sebesar US$ 16,4 miliar, dan kelapa sawit sebesar US$ 15,5 miliar. Dari keseluruhan sektor penyumbang devisa negara, hanya sektor pariwisata yang mengalami pertumbuhan positif sebesar 4,8% sampai dengan 6,9% (Iza, 2017). Studi ini berangkat dari adanya masalah pembangunan pariwisata yang semakin dipandang sebagai alat penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, dan memajukan ketahanan pangan. Banyak negara berkembang berhasil meningkatkan partisipasi mereka dalam ekonomi global melalui pengembangan pariwisata internasional (Echtermeyer, 2008), dan juga melalui kebijakan ekonomi untuk mempromosikan pariwisata internasional (Santos and Giraldi, 2017).

Pengembangan pariwisata tidak terlepas dari strategi pemasaran sebagai upaya pencitraan dengan membangun destinasi pariwisata yang memadai, dukungan fasilitas pariwisata, ketersediaan aksesibilitas dan komponen yang tidak boleh dilupakan yaitu peran serta masyarakat. Pemasaran pariwisata menjadi salah satu komponen penting dalam pembangunan pariwisata. Pemasaran pariwisata bertujuan untuk mengupayakan agar sebuah destinasi atau produk pariwisata laku untuk dijual kepada konsumen sehingga tujuan pariwisata dalam hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar tercapai. Pemasaran pariwisata ini harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan, dengan memperhatikan media iklan yang sesuai dengan target pasar yang dijadikan sasaran pada sebuah obyek wisata yang dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan dan meningkatkan tourist retention untuk berkunjung.

Perkembangan teknologi komunikasi sebagai sumber utama informasi dan hiburan juga berdampak pada pergeseran budaya bersosialisasi. Fitur-fitur pada sosial media saat ini menjadi media komunikasi yang paling diminati oleh para pengguna teknologi komunikasi. Pengguna internet di dunia saat ini telah mencapai 4 miliar orang, mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya 3,8 miliar (We are Social, 2018). Pertumbuhan pengguna internet tersebut tentu saja turut membuat peningkatan terhadap pengguna media sosial. Secara global, pengguna media sosial tumbuh sebesar 13 persen dalam waktu 12 bulan terakhir. Angka yang cukup besar pada pengguna sosial media sehingga berpotensi sebagai media promosi yang dapat digunakan industri, termasuk industri pariwisata.

Sosial media merupakan fenomena terbaru yang memainkan peran penting dalam pemasaran sebuah produk atau layanan sebuah perusahaan. Perkembangan penggunaan sosial media tidak lagi hanya sekedar bentuk eksistensi diri individu saja namun sudah merambah sebagai media promosi di dunia bisnis (Zou, 2018). Saat ini banyak perusahaan yang menerapkan teknologi informasi dalam mendapatkan pelanggan baru, memperbaiki, dan upaya retensi pelanggan (Ge et al., 2013). Upaya perusahaan untuk berinteraksi, berkomunikasi dan melibatkan pelanggannya pada aktivitas yang dilakukan akan dapat memberikan feedback untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya. Bahkan sebagian perusahaan mengandalkan jasa social media marketing untuk membantu mengelola komunikasi yang terjadi di media sosial, Namun, sejauh mana efektifitas sosial media sebagai strategi promosi perusahaan perlu dikaji lebih jauh. Untuk itu, penelitian ini mencoba melihat efektivitas penggunaan social media dari sudut pandang pelanggan atau komunitas sebuah merek. Selama ini social media hanya digunakan sebagai interaksi dan komunikasi pelanggan dengan perusahaan, namun belum secara serius digunakan sebagai alat untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan. Sosial media dianggap sebagai media promosi yang efektif dan berbiaya rendah untuk mengelola hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan (Sashi, 2012).

Kelebihan sosial media sebagai media interaktif memberikan pengalaman menarik dalam berkomunikasi, karena pengguna media dapat secara aktif ikut berinteraksi terhadap konten informasi yang diberikan. Konten-konten menarik dan pemberian informasi berupa teks, gambar, audio dan video juga dapat dilakukan sehingga pengguna dapat dengan jelas mengetahui produk dan layanan yang diberikan(Kotler and Keller, 2016). Kecenderungan wisatawansaat ini mulai beralih ke media sosial untuk membantu merencanakan perjalanan mereka, terlebih lagi sudah menjadi sumber inspirasi besar bagi calon wisatawan yang akan melakukan perjalanan wisata. Permasalahan yang mendasar saat ini adalah seberapa jauh efektivitas social media marketing atau penggunaan jasa social media marketing dalam mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan? Bagaimana model pengembangan social media marketing untuk meningkatkan kunjungan wisatawan? Variabel-variabel pendukung social media marketing apa saja yang harus dikembangkan untuk memaksimalkan kunjungan sebuah destinasi wisata?

Trik Meregangkan Sepatu Sempit, Tidak Perlu Harus Sepatu Baru!


Sepatu yang sempit tidak harus sepatu baru. Sebab sebagian orang tentu mempunyai sepatu lama yang bisa saja jarang-jarang digunakan karena ukuran tidak tepat. Atau bisa saja sepatu yang sayang dibuang atau diberi pada seseorang sebab senang dengan mode atau harga yang mahal?

Kecuali langkah membesarkan sepatu ke pakarnya, yakni tukang sepatu untuk merobaknya bertambah besar, rupanya ada langkah yang lain tidak begitu susah dan dapat dikerjakan sendiri bahkan juga di dalam rumah. Sebab harus diingat, mengubah ayau buka sedikit jahitan sepatu harus dikerjakan oleh pakarnya dan memakai alat spesial.

Langkah pertama yang dapat dikerjakan ialah menggunakannya seringkali di dalam rumah. Langkah ini akan menolong longgarkan bahan dan meregangkan sang sepatu. Hingga kelak saat akan kamu gunakan melancong, sepatu telah lebih kendur. Juga bisa menggunakan beberapa pasang kaus kaki tebal saat sebelum menggunakan sepatunya. Anda dapat dengan mudah menemukan sepatu safety berkualitas dengan bahan dan harga terjangkau di tempat jual sepatu safety .

Bila kamu malas menggunakan di rumah, cukup jejalkan saja kaus kaki atau koran sisa sampai penuh ke dalam sepatu, langkah ini bisa juga membuat sepatu lebih kendur. Saat itu ada dua langkah unik yang lain sesungguhnya bertentangan tetapi disebutkan baik longgarkan sepatu.

Yakni dengan mempeti-eskan sepatu. Sama seperti yang dijumpai, air akan megar bila dipeti-eskan. Jadi kamu cukup isi paket plastik sama air dan taruh dalam sepatumu yang kekecilan. Ukuran plastik airnya harus yang cocok dan tidak besar untuk masuk di dalam sepatu ya.

Selanjutnya taruh sepatu dengan plastik air itu dalam freezer sampai membeku. Dengan mengembangnya air jadi es dalam sepatu, akan jadi membesar ukuran sepatu sempit itu. Tetapi langkah ini sedikit susah sebab kamu harus pastikan airnya tidak bocor dalam sepatu.

Atau coba langkah lain, malah dengan memanasi sepatunya. Langkah ini cukup terkenal, yakni dengna menggunakan beberapa kaus kaki tebal saat sebelum menggunakan sepatu. Lantas panasi sisi yang sempit memakai hair dryer sekalian gerakkan jari-jari kakimu supaya sepatu semakin lebar.