Kecelakaan Kerja Yang Sering Dialami Oleh Karyawan

Image result for Kecelakaan Kerja Yang Sering Dialami Oleh Karyawan

sepatu safety - Kecelakaan Kerja yang sering dihadapi oleh Karyawan umum nya terjadi ketika di lingkungan kerja salah satu nya jenis pekerjaan yang profile kemungkinan nya tinggi jenis pekerjaan ini pasti nya saja yang berada di lapangan baik itu dilapangan produksi ataupun pekerjaan yang mobilitas nya tinggi. Angka ini terjadi di beberapa bidang usaha masih tetap tinggi menurut data dari BPJS Ketenagakerjaan akhir tahun 2015 tunjukkan sudah terjadi kecelakaan kerja beberapa 105. 182 masalah dengan korban wafat dunia sejumlah 2. 375 orang.

Salah satu penyebabnya peristiwa ini yaitu proses dan pengawasan K3 yang belum juga maksimum, sekaligus tingkah laku orang-orang industri pada terutama dan orang-orang biasanya, belum juga maksimal. Jika K3 terwujud dengan baik, maka masalah kecelakaan kerja dan penyakit karena kerja dapat ditekan, biaya-biaya yang tidaklah perlu karena ada beberapa masalah itu dapat dijauhi hingga dapat terwujud suasana kerja yang aman, nyaman, sehat dan terwujud produktivitas.

Ada beberapa aspek yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja, yakni Unsafe condition dan Unsafe behavior

Unsafe Behavior
Adalah tingkah laku dan rutinitas yang menghadap pada terjadinya kecelakaan kerja seperti tidak memakai Alat Pelindung Diri (APD) dan pemakaian perlengkapan yg tidak standar

Unsafe Condition
Adalah keadaan tempat kerja yg tidak aman seperti terlalu gelap, panas dan bebrapa masalah aspek fisik lingkungan kerja lainnya

Sayangnya, masih tetap sedikit perusahaan di Indonesia yang memiliki komitmen untuk melakukan dasar SMK3 dalam lingkungan kerjanya. Menurut catatan SPSI, baru sekitar 45% dari keseluruhan jumlah perusahaan di Indonesia (data Depnaker tahun 2002, perusahaan dibawah pengawasannya sejumlah 176. 713) yang berisi prinsip K3 dalam kesepakatan kerja dengannya. Bila perusahaan sadar, komitmennya dalam melakukan kebijakan K3 sesungguhnya dapat menolong kurangi angka kecelakaan kerja di lingkungan kerja.

Bersamaan dengan tinggi nya kemungkinan pekerja seperti di uraikan di atas karenanya perlu nya sebuah perlindungan asuransi kesehatan karyawan ataupun asuransi kecelakaan karyawan manfaat menanmkan rasa aman pada karyawan yang bisa mengcover semua pergantian biaya rumah sakit yang sesuai tagihan.

Diluar itu juga memerlukan nya suatu jaminan santunan nilai ekonomis harian seseorang pekerja karena tidak bisa bekerja dan tidak memperoleh pendapatan karena musibah menimpa nya, diluar itu juga untuk jenis pekerjaan yang memiliki resiko tinggi pelu ada nya sebuah perlindungan asuransi jiwa untuk asuransi karyawan itu manfaat menjaga skala hidup keluarga yang ditinggalkan nya.

0 komentar: