Cara Mudah Memilih Buah Nanas yang Sudah Matang dan Manis

Related image

nanas madu pemalang - Traveling ke beragam daerah, Kamu juga akan mudah temukan buah nanas dengan semua variannya. Walau tidak sama varian, ada persamaan dalam soal cara memilih buah nanas yang telah masak dan manis.

Yang tentu, nanas tidak cuma beri kesegaran mulut, tapi juga beri kesegaran badan. Sayangnya, memilih buah yang satu ini gampang-gampang susah. Kulitnya yang bersisik tajam, buat kita susah memegangnya. Lalu, bagaimana caranya memilih nanas yang masak?

Nanas aslinya datang dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Tidak seperti buah yang lain, nanas tumbuh lebih rendah dengan 30 atau lebih daun yang panjang dan tajam, yang melingkari batangnya. Daging buah nanas yang berwarna kuning cerah, lembut, dan berair ini memiliki kandungan banyak vitamin. Terlebih, vitamin C.

Nanas yang tumbuh subur di negara-negara tropis, adalah salah satu buah yang di cari oleh beberapa pengunjung negara tropis, seperti Indonesia. Rasa-rasanya yang lezat dan fresh, ditambah dengan harga nya yang tidaklah terlalu mahal, buat nanas memiliki banyak pengagum.

Namun, narasi yang indah barusan sedikit beralih ketika kita memilih nanas. Sebab, kenyataannya memilih nanas yang masak bukanlah perkara mudah. Kulit nanas yang bersisik tajam, cukup menyusahkan kita untuk memegangnya. Tapi, tidaklah perlu bingung. Sebab, terkecuali lewat cara memegang, masih tetap ada cara memilih nanas yang masak yang lain.

Cium aromanya.
Nanas yang telah masak juga akan keluarkan aroma manis. Bila nanas tidak memiliki aroma, bermakna belum juga masak.

Tapi, perhatikan dengan juga cermat apakah aroma manis itu adalah fermentasi atau tidak. Janganlah pilih nanas yang beraroma terlalu masak seperti alkohol atau serupa cuka.

Kulitnya fresh.
Nanas yang bagus yaitu nanas yang fresh, yang baru dipetik. Nanas yang bagus dapat diliat dari warna kulitnya yang kuning keemasan. Namun, nanas yang hijau bukanlah bermakna mentah. Beberapa nanas masak warna kulitnya masih tetap hijau.

Yang penting, jauhi nanas dengan kulit berkerut, kulit coklat kemerahan, retak atau bocor, berjamur, atau berdaun layu coklat. Sebab, bila keadaannya begini, maka peluang nanas telah dipetik sekian hari sebelumnya, hingga telah tidak fresh sekali lagi.

Daunnya hijau.
Perhatikan juga warna daun nanas. Pilih nanas yang berdaun hijau cerah. Nanas yang masak daunnya dapat juga dipetik dari bagian atas dengan mudah. Tapi, bila daunnya terlalu mudah dipetik, mungkin saja nanas telah busuk.

Perhatikan bentuk dan beratnya.
Nanas yang bagus memiliki pinggir yang bulat dan mata berkembang. Mata nanas yakni bagian tengah berduri dari lingkaran kasar yang terwujud oleh alur geometris pada nanas.

Pastikan mata sudah terisi dan relatif datar.
Nanas yang masak juga lebih berat, karena lebih berair. Tapi ingat, lebih berat tidak selamanya semakin besar.

Tekan dengan jari.
Walau nampaknya keras, tapi nanas yang masak empuk apabila ditekan dengan jari. Bila saat ditekan, nanas masih tetap keras, berarti nanas belum juga masak. Sebaliknya, bila terlalu empuk, mungkin saja nanas telah terlalu masak dan hampir busuk.

Janganlah pilih nanas yang masih tetap muda.
Nanas akan tidak jadi lebih masak bila telah dipetik. Nanas juga akan bertahan pada keadaan paling akhir dia dipetik. Jadi, bila dipetik saat muda, nanas juga akan tetaplah muda. Bila disimpan (diperam), malah jadi busuk.

Janganlah pilih nanas yang memar.
Terkadang dalam sistem distribusi, nanas ada yang jatuh atau terbetur, sampai ada bagiannya yang memar. Nah, janganlah pilih nanas ada memar begini. Sebab, meskipun bagian yang lain masih tetap bagus, tapi di bagian yang memar biasanya keadaannya telah tidak bagus.

Beli nanas pada hari yang sama juga akan dikonsumsi.
Dengan beli nanas pada hari yang sama juga akan dikonsumsi, nanas juga akan terasa lebih fresh saat dikonsumsi.

0 komentar: