Ada Banyak Jalur Menuju Bisnis Berikut Jalur Jalurnya


Sebelum memulai bisnis, terlebih dahulu harus diketahui jalur bisnis mana yang akan
ditempuh. Andy Soewatdy memaparkan secara garis besar ada 4 (empat) jalur menuju bisnis

1. Bisnis Keluarga

Bentuk bisnis yang melibatkan seluruh / sebagian anggota keluarga dalam kepemilikan dan atau operasional bisnis. Bisnis keluarga diakui ketika perusahaan tersebut dialihkan dari generasi ke generasi berikutnya.kesuksesan Andy Soewatdy tidak luput dari do’a kedua orang tuanya dan juga do’a dari orang-orang yang pernah terbantu olehnya.
Kepentingan yang berbeda dapat menciptakan ketegangan dan menyebabkan konflik. Hubungan diantara anggota keluarga dalam bisnis bersifat lebih sensitif daripada hubungan antara para karyawan yang tidak memiliki hubungan sama sekali. Hal ini juga mempersulit proses managemen perusahaan. Pengorbanan pribadi anggota keluarga memungkinkan sukses bisnis keluarga yang hebat.



2. Franchise

Jenis jalur bisnis dimana pemasaran dilakukan melalui perjanjian sah antara (franchise) diberi hak istimewa untuk menjalankan bisnis sebagai pemilik pribadi dengan syarat perusahaan dijalankan menurut cara yang ditetapkan pihak yang lain (franchisor). Jalur bisnis jenis ini tingkat kegagalannya rendah, karena adanya bantuan keuangan, pemasaran yang telah terbukti, bantuan manajemen, dan jangka waktu permulaan bisnis lebih cepat. Kekurangannya pajak franchise, royalty, batas pertumbuhan, kurang bebas dalam operasi. Sebagai contoh total biaya Franchise KFC $1.1 – 1,7 M.

3. Usaha Baru

Tiga jenis dasar yang dikembangkan menjadi ide awal, yaitu ide-ide pasar baru, teknologi baru, dan manfaat baru. Usaha baru berarti menampilkan penemuan terbaru atau barang / jasa terbaru yang dikembangkan sendiri tanpa adanya jaringan awal. Memulai membuat jaringan baru merupakan lankah tersulit dari usaha baru, tetapi bila telah berjalan tinggal memetik hasilnya sambil mengembangkan sayapnya.

4. Membeli Bisnis

Dengan membeli bisnis berarti mengurangi ketidakpastian penjualan suatu produk, karena merupakan bisnis yang sedang berjalan, sehingga tinggal mengembangkan hubungan dengan pelanggan / konsumen.

0 komentar: