Begini Cara Memilih Sepatu Olahraga yang Cocok untuk Anda

Ilustrasi sepatu olahraga. Running4women.com

Lakukan pekerjaan olahraga pasti dibutuhkan sarana simpatisan, diantaranya ialah sepatu. Waktu akan olahraga, gunakan sepatu yang spesial untuk pekerjaan olahraga. Tidak mungkin, kan, kita olahraga gunakan high heels atau sepatu pantofel?

Pilih sepatu olahraga, terutamanya sepatu lari, yang baik memang tidak gampang. Ditambah lagi harga termasuk tidak murah. Tetapi menggunakan sepatu yang pas bisa membuat pekerjaan olahraga jadi lebih nyaman serta menghindarkan berlangsungnya luka.

Di bawah ini 5 hal yang pantas Kamu tahu dalam pilih sepatu olahraga:

1. Pilih sesuai dengan type olahraga

Beda olahraga, beda juga type sepatu yang perlu dipakai. Sepatu lari dibuat untuk gerakan badan ke depan serta ke belakang, sepatu cross-training untuk pergerakan ke samping, atau sepatu basket untuk memudahkan pergerakan berputar-putar, melonjak, serta lari menggiring bola.

Bila Kamu belum meyakini olahraga apa yang akan ditelateni, pilih sepatu yang mempunyai peranan untuk dipakai di banyak jenis olahraga. Misalnya model sepatu safety lari yang mempunyai bantalan dalam demikian empuk serta sol yang keras untuk pergerakan ke depan serta belakang saperti waktu lari.

2. Pilih ukuran yang pas

Tahukah Kamu, ukuran kaki akan jadi membesar di siang hari, terutamanya pada jam 16:00. Kaki akan jadi membesar waktu olahraga, terutamanya lari. Pilih sepatu lari dengan satu ukuran semakin besar untuk menahan berlangsungnya lecet serta abuh pada kaki.

3. Seringkali ditukar

Harga sepatu olahraga memang mahal, tetapi seringkali ditukar untuk jaga mutunya. Bila sisi sol telah mulai rusak atau bantalan dalamnya tidak berasa empuk, telah waktunya untuk ganti dengan yang baru. Dianjurkan untuk ganti sepatu lari sesudah penggunaan sejauh 200-300 mil.

4. Pilih sesuai dengan bentuk kaki

Tiap orang mempunyai bentuk kaki yang hampir berlainan, spesial di bagian lengkungan di telapak kaki. Untuk tahu apa type kaki Kamu, coba rendam telapak kaki sepanjang beberapa waktu, lalu jejakkan kaki ke sehelai kertas. Bila sisa kaki yang kelihatan cuma separuh dari lebar kaki, bermakna bentuk kaki Kamu netral. Bila sisanya hampir serupa dengan bentuk kaki semuanya, bermakna kaki Kamu flat atau datar. Bila sisanya cuma dikit atau cuma kelihatan jejak di ruang tumit serta bawah ibu jari kaki, bermakna Kamu mempunyai bentuk kaki dengan lengkungan yang tinggi.

Lengkungan di telapak kaki punya pengaruh pada bagaimana kaki menapak ke tanah waktu lari. Kaki dengan lengkungan netral tidak membutuhkan sepatu spesial, seandainya mempunyai sol yang keras serta bantalan yang empuk. Kaki datar condong seringkali berasa licin ke depan waktu lari, hingga memerlukan sepatu dengan kontrol serta kestabilan pergerakan yang bisa menggerakkan beban badan ke sisi belakang kaki.

Sedang beberapa orang dengan lengkungan kaki yang tinggi membutuhkan sepatu dengan bantalan sol dibagian tengah yang empuk untuk menahan desakan pada kaki.

5. "Test drive"

Sebelum beli sepatu, terlebih dulu coba sepatu dengan memakai kaus kaki serta lakukan pergerakan lari-lari kecil. Kenyamanan adalah kunci dalam pilih sepatu lari yang baik. Yakinkan tidak berasa sesak di kaki, tetapi pun tidak begitu longgar hingga gampang terlepas waktu dipakai.

0 komentar: