Bagaimana Membangun Personal Branding yang Baik


jasa pembuatan website di jakarta pusat - Membangun personal branding adalah suatu usaha pasarkan sendiri pada khalayak umum, dengan maksud khalayak umum mencitrakan seseorang itu memiliki kekhasan atau citra sendiri. Ada yang kenal dengan Tukul Arwana? Bila tidak mengenalnya paling tidak kita ketahui kalau beliau yaitu salah satu artis populer di negeri ini. Dengan kekhasan banyolannya Tukul dapat membuat personal brandingnya dengan sangat kuat jadi seseorang komedian yang jadikan beliau salah satu artis dengan bayaran yang sangat tinggi. Atau ada yang kenal dengan Joko Widodo atau orang lebih mengenalnya jadi Jokowi? Bila bisa penulis katakan, beliaulah hanya satu pemimpin negeri ini yang berhasil dalam membuat personal brandingnya. Bagaimana tidak, dengan tindakan ciri khas blusukannya, Jokowi dapat menyihir rakyatnya untuk berempati padanya. Dan tidak salah bila Jokowi disebut-sebut jadi pemimpin yang pro rakyat.

Dua masalah di atas adalah contoh dari personal branding yang berhasil, pastinya banyak yang beda. Lalu bagaimana agar personal branding dapat berhasil dengan baik? Membuat personal branding dapat disebutkan susah-susah gampang. Mudah bila memang dilakukan seraca berkelanjutan dan kontinyu dan sulit bila hanya dilakukan beberapa 1/2.

Bebera langkah simpel dapat ditempuh manfaat membuat personal branding dengan baik. Apa sajakah itu? Berikut kami hidangkan bagaimana membuat personal branding dengan baik.

Ketahui Diri Sendiri dengan Baik 
Sebelumnya kita berfikir untuk membuat personal brand, langkah yang paling penting yaitu ketahui sendiri dengan baik. Siapa diri kita, berasal dari tempat mana kita, ketrampilan apa yang kita kuasai, apa passion kita, dan lain-lain. Bila kita telah mengetahui sendiri dengan baik, pilihlah satu kekhasan dari diri kita, lalu selalu kembangkan kekhasan itu sampai jadi ketrampilan dan kekhasan dari kita. Setelah kita memiliki ketrampilan atau kekhasan sendiri, awalilah dengan membranding diri. Optimis kalau personal brand yang diambil yaitu ketrampilan/kekhasan yang dipunyai. Awalilah pasarkan diri kamu pada sekitar lingkungan.

Lihat juga : jasa pembuatan website di jakarta pusat

Pakai Media Internet 
Setelah kita memiliki brand yang tepat, awalilah denga memakai media internet. Dengan keadaan perubahan tehnologi yang serba internet saat ini, memakai internet dalam membuat personal branding yaitu cara yang bijak. Bagaimana tidak, di zaman yang serba internet seperti saat ini, nyaris semua kegiatan manusia dilakukan di internet, situs, media social, dan lain-lain. Mengingat besarnya kesempatan pasar itu, pasarkan personal brand di internet yaitu pilihan yang relefan dan baik.

Buat situs tentang diri kita, perkenalkan diri melalui situs, apa ketrampilan kita, apa konsens kita, apa pekerjaan kita, dan lain-lain. Catat semua mengenai diri kita dengan baik. Kemudian, buat tulisan menganai passion kita, kerjakan hal semacam ini selalu dengan kontinyu.

Sambil kita menulis di situs, buat persiapan media social manfaat mensupport situs jadi kiat membuat personal branding, seperti twiiter dan facebook, atau dapat pula dengan memakai media social yang lain. Kami pilih twitter dan facebook karena ke-2 media berikut yang saat ini banyak dipakai.

Promosikan diri kita melalui sosial media dengan buat status atau tweet tentang passion kita, kerjakan dengan kontinyu. Sebaiknya pada personal brand, situs, dan media social memakai satu nama yang ingin di branding. Hal semacam ini semakin lebih memperkuat personal brand yang akan dibuat. Hubungkan pada situs dan media social hingga pengelolaannya tambah lebih mudah. Kerjakan cara di atas dengan kontinyu sampai khalayak umum betul-betul mengetahui kita sampai di luar kepala.

Catat Buku 
Bila sangat mungkin, menulis buku merupan salah satu kiat membuat personal brand yang cukup efisien. Seorang yang dapat menulis buku dan dapat diterbitkan menunjukkan kalau orang itu mumpuni di bagiannya. Hal semacam ini baik untuk membuat kredibilitas di mata khalayak umum.

Dengan menulis buku, bermakna kita menebarkan pengetahuan pada khalayak umum. Bila berisi bagus dan berguna, maka khalayak umum juga akan memberi tempat khusus untuk kita dipikiran mereka. Pikirkan, untuk sekali terbit, sebuah penerbit biasanya cetak sampai 3000 sd 5000 exp, terdapat peluang orang beberapa itu pulalah yang juga akan memberi tempat khusus buat kita dipikiran mereka.

Banyak pakar sudah menunjukkan dasyatnya efek buku untuk pengembangan personal branding dan kariernya. Jadi contoh ada Ippo Santoso, Saptuari, Tung DW, Hermawan Kertajaya, Safir Saiduk, Sri Mulyani yaitu beberapa orang terkenal yang berhasil membuat kredibilitasnya melalui sebuah buku.

Bila memag kita belum juga dapat menulis buku, efektifkan menulis artikel di situs. Catat saja tentang apa sebagai passion kita, berkali-kali. Gali beberapa inspirasi kreatif yang lain. Dan berbagi tulisan itu melalui media social. Makin lama, maka juga akan banyak pembaca di situs kita. Itu berarti kiat membuat personal brand melalu internet berhasil.

Komunikasikan Selalu Menerus 
Komunikasikan semua mengenai diri kita pada dunia melalu beragam media satu diantaranya internet dengan terus-terusan. Makin banyak yang mengetahui kita, maka personal branding yang kita bangun juga akan makin kuat.

Diluar itu, janganlah lupa untuk membuat pergaulan yang baik dengan sesama. Sempatkan diri untuk mengobrol dengan rekan-rekan kita tentang passion kita atau tentang tema pilihan mereka. Janganlah takut untuk banyak mengetahui orang baru, ajak mereka mengobrol. Begitu makan kita dapat membuat jaringan yang lebih kuat sekali lagi (memperluas jaringan).

Kerjakan dengan Konsisten 
Apa pun kiat yang dipakai untuk membuat personal brand, kunci intinya yaitu berkelanjutan. Kerjakan terus-terusan dengan berkepanjangan hingga orang juga akan senantiasa mengingat. Semua suatu hal yg tidak berkelanjutan juga akan cepat terbenam/punah.

0 komentar: