6 Cara Membuat Brand Clothing Sendiri dan Keuntungannya

Related image

jasa pembuatan website di jakarta pusat - Bisnis clothing line sangat mengundang selera terlebih saat ini banyak anak muda ataupun orang-orang yang bangga ketika memakai desain yg tidak market. Diluar itu orang-orang juga akan bangga ketika memakai kaos terkenal atau yang telah memiliki brand terkenal. Untuk dapat memiliki brand clothing sendiri, Kamu harus mengawalinya dari 0. Hal tersebut karena brand yang besar tentu diawali dari 0 atau kecil terlebih dulu. Diperlukan kesabaran dan ketekunan dalam membesarkan brand clothing itu.

Mungkin Kamu gabung dengan brand clothing yang telah terkenal, tetapi rasa-rasanya tidak bakal jadi jual brand clothing punya sendiri. Ketika Kamu jual clothing dengan brand Kamu sendiri juga akan ada rasa bangga di dalamnya. Untuk Kamu yang tertarik untuk menekuni bisnis clothing line, dan punya niat buat brand sendiri simak cara buat brand clothing sendiri yang benar berikut ini :

Rencana

Cara buat brand clothing sendiri yang pertama yaitu Kamu harus pikirkan rencana dari brand Kamu itu. Hal terutama dalam bisnis yaitu rencananya, bila bisnis Kamu itu tak ada rencananya maka juga akan kehilangan arah. Oleh karenanya Kamu harus memastikan rencana dari brand yang juga akan Kamu dirikan itu. Rencana yaitu hal basic yang perlu bisnis Kamu punyai. Jadi misalnya yaitu Kamu mengusung rencana budaya maka brand clothing yang juga akan Kamu buat tidak bisa menyimpang dari rencana Kamu.

Nama Brand atau Label 
Cara ke-2 untuk buat brand clothing Kamu sendiri yaitu memberi nama label. Nama ini harus sesuai sama rencana Kamu sebelumnya. Jangan pernah buat nama brand yg tidak nyambung dengan rencana Kamu. Jadi contoh brand atau nama label yang telah terkenal yaitu Dagadu. Pastinya orang-orang Jogja telah tidak pemula dengan brand clothing satu ini. Keunikan Dagadu yaitu logonya berbentuk mata yang besar, diluar itu clothing yang diproduksinya pun unik dan memiliki keunikan sendiri. Bila dulunya Dagadu ini rencananya mengusung budaya Jogja, tetapi saat ini melakukan relaunching logo dengan rencana yang mengusung budaya ataupun kekayaan alam yang berada di Indonesia. Karena mengusung kekayaan alam di Indonesia saat ini Dagadu menghasilkan kaos dengan ikon kekayaan lokal Indonesia seperti komodo dan beda sebagainya.

Pemberian brand atau label ini sangat penting peranannya agar mudah diingat oleh orang-orang. Terkecuali Dagadu, brand clothing line yang telah memiliki nama yang besar yaitu Joger. Kamu disebutkan belum juga ke Bali bila tidak beli Joger ini. Karena sangat fenomenalnya, Joger itu jadikan jadi oleh-oleh ciri khas Bali. Nama itu sangat unik oleh karenanya orang-orang juga akan senantiasa mengingat brand Joger itu.

Logo 

Cara buat brand clothing sendiri yang penting yaitu pembuatan logo. Sama seperti dengan brand atau nama label, logo itu harus mudah diingat. Bila tidak memiliki ketrampilan dalam buat logo, Kamu dapat memakai jasa desain grafis yang dapat dibuktikan dapat buat logo yang unik dan mudah diingat. Logo harus memiliki nilai estetika hingga walau hanya terlihat sederhana maka logo itu menghadirkan nilai sendiri. Logo dari brand terkenal dan telah tersablon diatas baju juga akan buat yang memakainya bangga. Ketika Kamu juga akan mendesain logo, ciri-khas brand Kamu harus tercermin di dalamnya. Untuk memastikan desain dari logo ini Kamu dapat berdiskusi pada rekan atau saudara Kamu yang memahami mengenai pengetahuan desain grafis.

Desain Kaos 

Kamu dapat mulai mendesain kaos yang sesuai sama topik Kamu. Jadi misalnya yaitu bila rencana Kamu mengusung kebudayaan maka desainlah kaos itu dengan topik yg tidak menyimpang. Dalam produksi kaos bukan sekedar satu desain saja yang juga akan Kamu produksi, tetapi dapat beberapa desain sekaligus. Oleh karenanya Kamu harus buat desain kaos A, B dan C sekaligus. Baru setelah desain itu jadi Kamu dapat mulai ke bagian produksi.

Produksi 

Setelah rencana dan desain yang bagus telah jadi, langkah setelah itu yang dapat Kamu kerjakan yaitu merambah ke bagian produksi. Bagian produksi ini jadi point yang penting dalam usaha atau bisnis Kamu. Biaya produksi yang membengkak juga akan buat bisnis Kamu tidak jalan dengan baik. Misalnya Kamu memiliki tiga type desain kaos, tentukanlah berapakah semasing desain itu juga akan di produksi. Untuk pemula, sebaiknya Kamu ketahui keinginan pasar terlebih dulu. Bila responnya bagus, Kamu dapat tingkatkan jumlah produksi itu tetapi ketika tidak bagus Kamu dapat mengevaluasi kaos yang Kamu jual apakah desainnya kurang jual atau berbahan yg tidak bagus. Ketika menekuni bisnis clothing line ini Kamu harus tahu seperti apa produksi kaos yang baik dan benar.

Khusus pemula memang banyak yg tidak ketahui sistem produksi itu, tetapi tenang saja karena saat ini banyak vendor yang tawarkan jasanya dalam produksi kaos. Pilihlah vendor yang murah tetapi kwalitas dari jasa yang ditawarkannya itu dapat dibuktikan bagus. Bila telah sreg atau pas dengan layanan yang didapatkan, tak ada kelirunya Kamu bekerja bersama dengan vendor itu dengan periode waktu yang lama.

Pemasaran 

Setelah tahu bagaimana caranya buat brand clothing sendiri, Kamu harus juga tahu bagaimana caranya pemasaran yang tepat. Setiap bisnis memerlukan pemasaran oleh karenanya janganlah berlaku anti mainstream pada pemasaran ini. Pemasaran pun ada strategi atau langkahnya sendiri. Khusus untuk bisnis clothing line ini, Kamu harus memiliki distro sebagai distributor store atau yang jual kaos yang Kamu produksi. Sama dengan dengan Joger, saat meniti usaha pertama kalinya sang yang memiliki memiliki distributor store yang jual barang clothing yang di produksinya. Diluar itu, Joger tidak diperjualbelikan terkecuali di gerai asli mereka yang berada di Jalan Raya Kuta Bali.

Bila Kamu tidak memiliki modal untuk buka distro itu, Kamu dapat menjualnya dengan on-line atau membangun stand pameran ketika ada acara di kota Kamu itu. Dapat pula Kamu menitipkan clothing yang Kamu produksi tersebut di distro punya rekan Kamu, dengan system untuk keuntungan. Pemasaran dengan on-line pun tidak bisa Kamu tinggalkan mengingat banyak keuntungan yang dapat Kamu peroleh, misalnya yaitu pasarkan melalui media sosial seperti instagram, Facebook, memakai jasa endorse dan beda sebagainya.

Keuntungan Bisnis Clothing Line dengan Brand Sendiri 

Terkecuali hasilkan pundi-pundi rupiah yang besar, ada beragam jenis keuntungan yang dapat Kamu peroleh dengan buka usaha clothing line itu. Berikut ini yaitu keuntungan yang juga akan Kamu peroleh :

Bangga dengan Hasil Kreasi Sendiri 

Ketika memakai brand terkenal, mungkin Kamu juga akan merasa prestise ketika memakainya. Tetapi saat Kamu memakai kaos hasil kreasi sendiri juga akan ada perasaan bangga di dalamnya.

Inspirasi Tanpa ada Batas 

Keuntungan melakukan bisnis ini yaitu tidak minimnya.kurang tersedianya inspirasi. Selama inspirasi untuk membuat desain kreatif itu ada, maka kaos yang juga akan Kamu produksi itu dapat jalan dengan lancar. Tips dalam membuat inspirasi desain yaitu janganlah memakai desain yang memancing pro-kontra orang-orang, sebab hal itu juga akan menjatuhkan brand Kamu.

Kesempatan yang Senantiasa Terbuka 

Keuntungan menekuni bisnis clothing line sendiri yaitu senantiasa terbukanya kesempatan, hal tersebut karena ketertarikan orang-orang pada baju atau kaos dengan desain yang unik dan menarik tidak sempat padam.

Sekianlah cara buat brand clothing sendiri yang penting untuk Kamu mengerti, mudah-mudahan info ini berguna.

0 komentar: