Perkembangan Sistem Akuntansi



Perkembangan akuntansi sangat berkaitan erat dengan sistem informasi yang berguna untuk menunjang operasional perusahaan. Suwarjono mengatakan bahwa akuntansi adalah seperangkat pengetahuan yang mempelajari perekayasaan penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif unit- unit organisasi dalam suatu lingkungan negara tertentu dan cara penyampaian (pelaporan) informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan ekonomik,”1 . Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi keuangan akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk menjalankan kegiatan yang efektif dan efisien, sebuah perusahaan memerlukan sistem pengelolaan data informasi yang mendukungnya. Kebutuhan ini terpenuhi dengan adanya sistem informasi akuntansi. Bodnar dan Hopwood mengatakan bahwa “Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah kumpulan sumber daya manusia dan peralatan, yang dirancang untuk mengubah data keuangan dan data lain menjadi informasi yang dikomunikasikan kepada berbagai pihak pengambil keputusan” .

Sistem Informasi Akuntansi berperan sangat penting untuk memperoleh informasi keuangan serta sebagai alat pendeteksi penyimpangan. Sistem Informasi Akuntansi dapat membantu pengguna menggunakan prosedur-prosedur yang benar untuk memperkecil terjadinya kesalahan. Dalam akuntansi memberikan informasi harus mengacu pada prinsip Sistem Informasi Akuntansi yaitu keefektifan biaya, tingkat kegunaan, flexibilitas dan serta mengembangkan sistem akuntansi. Kebutuhan akan perhitungan keuangan oleh banyak orang maka dari itu jasa pembuatan aplikasi finance akan membantu banyak orang dalam pembuatan aplikasi tersebut.

Informasi akuntansi sangat bermanfaat untuk pengambilan keputusan diantara alternatif-alternatif tindakan. Informasi akuntansi digunakan sebagai perencanaan strategis, pengawasan manajemen dan pengawasan operasional. Informasi akuntansi pada dasarnya bersifat keuangan dan terutama untuk pengambil keputusan, pengawasan dan implementasi- implementasi keputusan. Perkembangan teknologi informasi, terutama pada era informasi berdampak signifikan terhadap Sistem Informasi akuntansi (SIA) dalam suatu perusahaan. Dampak secara nyata yang dapat dirasakan ialah memproses data mengalami perubahan mulai dari sistem manual ke sistem komputer. Banyak perusahaan yang mulai mengembangkan dan memberikan perhatian khusus pada teknologi informasi sebagai sumber yang memfasilitasi pengumpulan dan penggunaan informasi secara efektif. Salah satu bentuk perhatian ini adalah penggunaan Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer (software akuntansi) untuk memperlancar arus informasi perusahaan.

Berbagai software akuntansi pada saat ini diantaranya ACL, SAP, MYOB, Ms. Excel, Zahir Accounting, Accurate dan lain-lain. Penggunaan software ini dapat mempercepat serta memberikan olah data yang lebih akurat dari pada manual dan seluruh kejadian dapat ditelusuri dengan lebih mudah. Pengguna software akuntansi ini bukan hanya digunakan oleh pihak-pihak yang tergabung dalam perusahaan untuk menyusun laporan keuangan, tapi juga digunakan oleh kalangan pelajar, mahasiswa khususnya jurusan akuntansi sebagai bentuk persiapan terjun kedunia kerja. Lebih dari itu basis data berbagai produk aplikasi ini tidak hanya digunakan dalam spesifikasi dan ruang penyimpanan yang besar seperti komputer, tapi juga merambah ke smartphone ataupun tablet yang memiliki spesifikasi yang lebih kecil dan sederhana. Banyak yang menggunakan smartphone sebagai Mobile Device, dimana perangkat komunikasi ini dapat terhubung dengan internet untuk bekerja, bermain serta berkomunikasi. Salah satu smartphone yang banyak beredar luas dipasaran yaitu smartphone berbasis android. Kelebihan dari sistem operasi android adalah variasi merek smartphone yang beredar dipasaran, tersedia berbagai aplikasi-aplikasi dan developer aplikasi segala macam keperluan, misalnya seperti aplikasi-aplikasi permainan, pembelajaran, media sosial, keuangan dan juga tentunya akuntansi. Kesempatan bagi para pengguna aplikasi akuntansi, untuk dapat belajar dan berupaya melalui pemanfaatan teknologi sebagai peluang, untuk meningkatkan keuntungan secara maksimal.

Laporan keuangan merupakan siklus akuntansi yang menghimpun hasil dari sekian banyak transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan, dimana setiap akhir periode biasanya pihak manajemen perusahaan akan menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang telah disusun tersebut. Laporan keuangan bertujuan menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja dan perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi. Laporan keuangan juga menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen, atau pertanggungjawaban manajemen atau sumber daya yang dipercayakan padanya. Informasi perubahan posisi keuangan perusahaan bermanfaat untuk menilai aktivitas investasi, pendanaan dan operasi selama periode pelaporan. Informasi ini berguna bagi pemakai sebagai dasar untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas (dan setra kas) dan kebutuhan perusahaan untuk memanfaatkan arus kas tersebut.

0 komentar: