Konsep Dasar SEO di Youtube

Related image

jasa pembuatan website - SEO di Youtube mungkin salah satu hal yang sering terlupakan ketika seorang mengupload videonya. Subscriber, di berbagi dan komentar yang membuat sebuah komune memang perlu dan penting namun pada intinya pada saat bekerja dengan on-line yaitu SEO.

SEO di Youtube nyaris sama langkahnya dengan ketika kamu membuat SEO sebuah website, walaupun ada beberapa ketidaksamaan. Salah satu bedanya yaitu, bila di Youtube makin baik rankingnya maka juga akan makin besar juga peluang peroleh uang atau pendapatan. Karenanya mari kita lihat ketidaksamaan keduanya hingga kamu dapat memonetasi video kamu lebih baik di masa yang akan datang, baik itu memonetasi untuk youtube tersebut ataupun bila kamu memakai video itu untuk mensupport agar monetasi website dapat tampil lebih baik di mesin pencari.

Rencana Basic SEO Youtube
Youtube mencatat semua suatu hal yang terjadi di sebuah video dan memakai semua data barusan untuk meranking video itu. Salah satu terutama (meskipun problem ini jarang diperbincangkan) yaitu lama seorang pada saat melihat video. Bisa dimisalkan kalau jumlah waktu seorang melihat video itu sama juga dengan bounce rate untuk sebuah website. Bila sebuah video sering diliat sampai habis maka dia juga akan diranking lebih baik dibanding video beda yang baru beberapa detik saja di buka segera ditutup kembali.

Berikut ini banyak hal yang perlu kamu perhatikan agar peroleh pengertian yang lebih baik tentang SEO di Youtube.
  1. Youtube Analytics. Di Youtube, semua video memiliki analitiknya semasing. Analitik ini juga akan memerlihatkan statistik berapakah waktu rata-rata pirsawan lihat video itu. Perhatikan baik-baik problem ini dan cari solusinya bila ada sebuah video yang tidaklah terlalu disenangi oleh pirsawan atau mereka terlalu cepat tutup video itu. 
  2. Lalu problem editing. Editing yang dilakukan pada video juga akan memastikan seberapa berhasil sebuah video itu. Bila kamu buat sebuah video yg tidak pas dengan judul video itu, maka kamu juga akan mengakibatkan kerusakan rankingnya. Jadi contoh, kamu buat sebuah video dengan judul serigala diseruduk kerbau, namun berisi hanya melukiskan kehidupan serigala bersama kerbau saja, tidak ada perseteruan diantara keduanya yang menyebabkan kerbau menyeruduk si serigala. 
  3. Keyword adalah aspek penting, karena dengan keyword ini kamu juga akan dapat menarik audien. Bila keyword yang dipakai tidak pas dengan isi video itu atau kamu memaksakan sebuah keyword karena keyword itu tengah trend, maka juga akan mengakibatkan kerusakan video itu. 
  4. Tiga hal diatas adalah SEO dengan garis besarnya di Youtube. Pelaksanaan ini tidak sekali jalan saja, namun berlaku pada semua video yang tengah dan juga akan kamu unggah di Youtube. Kamu tidak bisa berhenti atau merasa telah tahu mengenai SEO. Kamu harus tetaplah pelajari apa yang tengah terjadi pada video yang sudah kamu unggah barusan. 

Menyiapkan Kata Kunci di Youtube
Barusan telah diterangkan mengenai komponen paling unik di Youtube, yakni lama waktu seorang melihat video itu. Saat ini kita masuk ke tema paling umum, yakni rencana keyword. Rencana keyword nyaris sama langkahnya dengan menyiapkan keyword pada sebuah website. Mencari dan manfaatkanlah kalimat apa sajakah yang di cari oleh calon pemirsa video kamu.

Seperti di website, kamu dapat memakai Google Adwords dan tool yang lain untuk mencari keyword paling tepat untuk video kamu. Kerjakanlah beberapa percobaan pada beberapa keyword yang sudah diambil dan saksikan content apa sajakah yang keluar. Dengan melakukan percobaan ini juga akan menghemat waktu kamu di masa yang akan datang.

Tempat Menempatkan Kata Kunci
SEO di Youtube berlainan dengan SEO di website. Di Youtube, kamu dapat menempatkan keyword di :

  • Judul video, jadi ubah judul halaman 
  • Gambaran video, jadi gambaran meta di website 
  • Tag video, sama saja dengan alt tags di website 
  • Skrip video, yaitu teks artikel di website. 

Meletakkan keyword di ke-4 tempat ini adalah komponen kunci agar keyword barusan dapat jadi efisien. Selain itu jangan sampai lupa untuk buat sebuah transkrip yang bercerita mengenai isi video. Jadi, di ke-4 tempat barusan harus terdapat keyword.

Gambaran Video
Ada tiga hal yang perlu jadi perhatian kamu pada saat menuliskan gambaran video ini, yakni :


  1. Kalimat pertama juga akan keluar di mesin pencari, karenanya sertakan kalimat ajakan untuk melihat video ini atau minimum berikan alasan mengapa mereka harus melihat video. 
  2. Manfaatkanlah keyword ke-2 dan kalimat bersinonim. 
  3. Tautkan video kamu ke website atau situs (blog), agar orang dapat peroleh lebih banyak info. 
Jumlah View
Youtube tidak sempat mengemukakan dengan resmi kalau jumlah view juga akan berpengaruh pada SEO. Namun coba kamu perhatikan, apakah video yang sudah dilihat oleh beberapa ribu atau bahkan juga juta-an orang juga akan berada dibawah? Sudah pasti tidak karena SEO mengulas semua suatu hal yang di baca oleh mesin pencari hingga dia dapat mengambil keputusan video mana yang juga akan diranking lebih baik dibanding video yang lain dan tingkat popularitas video pun salah satu aspek penentu, termasuk lama seorang melihat sebuah video.

Dapat di ambil kesimpulan kalau kamu harus peroleh lebih banyak view agar SEO nya jadi lebih baik, namun kamu pun perlu SEO untuk peroleh lebih banyak view.

Cara Tingkatkan Jumlah View
Berikut cara-cara untuk tingkatkan jumlah view, terlebih untuk kamu yang baru mulai menekuni di Youtube dengan serius :

  • Embed kan video ke website 
  • Berikan di media sosial 
  • Buat agar video kamu sama-sama tersambung keduanya. 
  • Buat kutipan dari beberapa video dan beri tautan ke semasing video barusan. 

Membuat Link
Sama saja dengan website, video pun memerlukan link building. Berikut beberapa taktik yang dapat dipakai untuk membuat link untuk video :

  • Tunjukkan video ke website, dengan hal tersebut video barusan peroleh link dari website kamu. Selain itu berikan ke beragam sosial media dan group diskusi dan yang lain. 
  • Sertakan ajakan melakukan tindakan untuk tingkatkan jumlah view, karena juga akan beresiko pada SEO. 

Terkecuali taktik diatas, anjuran berikut ini dapat dilakukan juga :

  • E-mail marketing, 
  • Press release 
  • Tempatkan video di landing page website 

Berteman dan berhubungan baik dengan orang berpengaruh di sosial media.
Setelah kamu membaca SEO di Youtube ini, diinginkan kamu sudah peroleh sedikit deskripsi mengenai bagaimana SEO di Youtube. Sesungguhnya, mengoptimisasinya tidak jauh lain dengan mengoptimisasi sebuah website dengan sedikit lain disana sini. Bila kamu memiliki beberapa anjuran dan input atau merasa masih tetap ada yang kurang pada tulisan ini, silahkan berikan di komentar.

0 komentar: